Tag

,

Di Ko rea saat jalan-jalan di musim dingin, paling enak sejenak menghangatkan diri, mampir di warung tenda (pojangmac ha ) sambil makan Tteokbokki atau hanya sekedar makan odeng.
Bahan dasar Teokbokki adalah tteok ( 떡 ) yang disebut dengan garae tteok ( 가래 떡 ) yaitu jajanan da ri beras yang berbentuk bulat meman jang.

Cara membuat garaetteok adalah :

Bahan-bahan :
Tepung beras 300 g
Air 110g
Minyak wijen 3 sendok makan
Cara membuatnya : 
Tuangkan air sedikit demi sedikit pada tepung beras, kemudian aduk pelan-pelan dengan menggunakan tangan. Haluskan dengan menggunakan tirisan. Setelah kukusan sudah mengeluarkan uap, kukuslah tepung beras itu hingga matang. Setelah matang, angkat lalu dibuat menjadi adonan sambil mengoleskan minyak wijen supaya tidak lengket, hingga kenyal. Setelah itu adonan dibuat dengan bentuk panjang dan bulat . Kemudian oleskan sedikit minyak wijen di luarnya biar tidak langsung mengeras. Nah Garaetteok sudah jadi. Gampang bukan…? Karena Jajanan ini sangat populer, maka Garaetteok telah diproduksi secara pabrikan, dan harganya menjadi relatif murah dan tentu tidak repot .

Cara membuat Tteokbokki ( 떡볶이 ):

Bahan-bahan :

200 g Teuk (kue beras)
1/4 buah bawang bombay
30 g wortel
2 buah jamur Shitake kering
1 buah cabe hijau dan merah
1 sdt minyak goreng
1 sdt minyak wijen

Bahan-bahan untuk bumbu
1 sdm bubuk cabe merah
1 sdm Kochujang , taujo cabe merah
1 sdm bawang putih yang dicincang halus
1/2 sdm gula pasir
3 sdm kalu daging
sedikit biji wijen, lada hitam, dan minyak wijen
Cara memasaknya :

Tteuk dicampurkan dengan minyak wijen. Potong melintang bawang bombay dan wortel. Iris tipis jamur Shitake yang telah direndam dengan air panas hingga lunak. Potong melintang cabe hijau dan merah. Campurkan semua bahan untuk bumbu. Panaskan minyak dalam wajan lalu masukkan bumbu. Setelah bumbuh masak, masukkan bawang bombay, wortel, dan cabe. Masukkan dan tumislah hingga bumbu diresap pada tteok. Tteokbokki siap disajikan.

( ref. http://world.kbs.co.kr )