Tag

,

Suka makanan Korea? Atau pengen makan tapi nggak mau keluar banyak uang buat pergi ke restoran Korea? Coba saja bikin di rumah, rasanya pasti menyenangkan memakan masakan buatan sendiri. Buat yang doyan masak atau mau belajar bikin makanan Korea, yuk kita cobe resep membuat Kimbap berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan:

- 5-6 mangkuk kecil nasi yang sudah tanak
– selembar rumput laut kering (*di Korea disebut Kim)
– acar lobak kuning (*di Korea disebut danmu ji)
– 1 buah alpukat
– isi daging kepiting, sekaleng ikan tuna (*bisa diganti ikan lain yang lembut dagingnya)
– kecap, bawang putih, minyak wijen, bawang hijau

2. Cara membuat Kimbap

- Siapkan 5-6 mangkuk kecil nasi yang sudah siap saji di dalam sebuah baskom besar.
– Campur semua bahan saus dengan menuangkan 1/2 sendok teh gula, 1 sendok makan garam, dan satu sendok teh cuka. Aduk-aduk hingga cairan sausnya terlihat bercampur rata.
– Campurkan nasi yang ada di dalam baskom dengan saus yang sudah diaduk-aduk tadi. Buat sausnya tercampur merata ke dalam nasi.
– Siapkan sebuah piring atau wadah besar untuk mengatur semua bahan kimbap yang akan dibuat.
– Buka tuna kalengnya dan pisahkan air atau minyak yang ada di dalam ikan kalengan tersebut. Taruh air atau minyak ikan yang ada di dalam kaleng ke wajan panas dan campurkan dengan minyak wijen. Aduk-aduk selagi panas selama dua menit.
– Tambahkan ke dalamnya 1 sendok teh kecap, setengah sendok teh gula, 1 siung bawang putih yang telah dicincang, 1 sendok makan bubuk merica hitam.
– Aduk-aduk kembali kira-kira selama 3 menit.
– Kecilkan api di wajan dan tambahkan satu siung bawang hijau yang telah dicincang, 2 sendok makan minyak wijen, 1 sendok teh biji wijen yang yang telah digongseng sebelumnya.
– Setelah selesai, mulai menyusun bahan-bahan untuk menggulung kimbap. Letakkan 3 buah acar lobak kuning di atas wada atau piring besar yang sudah disiapkan tadi.
– Susun 3 isi daging kepiting di piring itu mengikuti jejeran acar tadi.
– Iris daging buah alpukat dan letakan berjejer di atas acar dan daging kepiting tadi.
– Tempatkan laver (*kim/ rumput laut kering) di atas penggulung kimbap dari bambu dan letakkan isi kimbap (acar, daging kepiting dan irisan alpukat) di tengah-tengahnya.
– Tambahkan 2-3 sendok ikan tuna di atas susunan lauk isi nasi tersebut. Tambahkan acar kuning di atasnya, tambah lagi irisan alpukat dan daging kepiting seperti susunan sebelumnya.
– Gulung dengan perlahan dari ujung matras bambu penggulung kimbap sehingga isinya tidak berantakan ke mana-mana (*buat yang biasa main cooking games pasti ngerti banget gimana caranya)
– Setelah selesai, lepaskan matras bambu penggulung kimbapnya dari gulungan nasi berlapis rumput laut itu. Potong dengan rapi, besarannya sesuai keinginan. Jangan terlalu kecil dan jangan terlalu besar supaya bentuknya rapi dan isi di dalam gulungan kimbapnya juga tidak keluar dari kim (rumput lautnya).
– Letakkan di atas piring dan sajikan untuk dua-tiga orang.

*Tip: Siapkan kain atau lap basah untuk mengelap pisau sehabis memotong satu irisan kimbap. Penting untuk mengelap pisaunya sebelum dipakai memotong kembali karena itu akan membuat irisannya jadi lebih rapi dan lebih mudah dipotong.

Buat yang ingin petunjuk lebih mudah, bisa lihat video memasak kimbap berikut ini.

Bagaimana sudah bisa membuat kimbapnya? Mudah kan caranya? Hmmm, kalau sudah jadi kasih tahu ya bagaimana rasanya hehehe ^^

About these ads